GUDANG INFORMASI SIGORGA LANGIT

Jumat, 28 Januari 2011

Horas ma di Hamu Dongan Tubu

Horas ma di hita sasude
Silahkan baca dan pahami, ini hanya merupakan masukan untuk semua, tidak bermaksud untuk menggurui.

Horas ma di hamu Oppung, Bapa Tua, Bapa Uda, Abang, Anggi, Namboru, dohot iboto/ito, manang bere

Maaf jika harus berbahasa Indonesia karena ada yang mengaku tidak dapat berbahasa batak.
Siboro Group (Sibogor) dibentuk dengan tujuan menjadi wadah ...komunikasi sesama marga siboro. oleh karenanya, sifat group dibuat rahasia, agar yang bisa menjadi anggota adalah marga siboro yang lainnya yang ditambahkan oleh marga siboro yang telah menjadi anggota group. Siboro Group tidak bermaksud merusak atau menjadi saingan Group siboro yang lainnya.

Mengenai sejarah marga Siboro, terdapat banyak versi yang berbeda-beda, dan untuk mengukuhkan sejarah yang sebenar-benarnya dibutuhkan bukti yang akurat, yang meskipun sangat sulit didapat (seperti permintaan ito Erica Azula Siboro)
Berikut pendapat saya, yang saya peroleh dari keterangan orang tua yang saya jumpai dalam perjalanan hidup saya, jika ada yang nyasar, mohon konfirmasinya ya...

Toga Simamora memiliki 3 orang anak yang diketahui oleh umum, yaitu Purba, Manalu, Simamora Debata Raja. Tetapi pada versi lain, bahwa ada anak Toga Simamora yang lain yang bernama Rambe, yang kemudian mengasingkan diri kedaerah Tapanuli Selatan. Dan marga Debata Raja sendiri bukanlah anak kandung dari Toga Simamora, ia adalah anak dari Marga Manurung, yang pada saat itu ibunya terancam kehidupannya, yang kemudian ditolong oleh Toga Simamora, dan anak itu dipelihara, dan kemudian diangkat menjadi anak.

Toga Purba memiliki 3 orang putra, yaitu Pantomhobol, Sigulangbatu, dan Parhorbo.
Nah, Dari keturunan Oppung Sigulangbatu, maka lahirlah Marga Siboro yang disebut DATU PARULAS (karena ia mampu membahas hal yang belum diketahui) PARULTOP (karena memang keahlian dan pekerjaannya adalah marultop <sumpit tiup>)

Apakah Siboro adalah orang Simalungun?
Pekerjaan Siboro I yang selalu berkelana berburu, telah menuntun hidupnya hingga sampai ke tanah Haranggaol. dan kemudian ia membentuk perkampungan yang disebut Siboro Gaunggaung. daerah ini sangatlah sulit untuk dimasuki oleh orang lain.

suatu waktu, Siboro I melanjuttkan perjalanannya ke arah Sagala, sebelumnya ia menitip pesan kepada saudaranya Purba Dasuha. Ia meninggalkan sebuah bunga, dengan pesan jika bunga itu layu berarti ia dalam bahaya, jika bunga itu mati, maka ia juga mati. bersama dengan bunga itu ia juga meninggalkan tawar yang disebut Tawar sipangabang-abang, sipangubung-ubung, sipangolu naung mate, siparata naung busuk.

Setelah ia sampai ditanah Sagala, ia berhasil menyelesaiakan masalah yang ada disana. Meskipun ia terkabar meninggal saat ia membunuh Lali si pitu ulu. yang kemudian ia dihidupkan kembali oleh Purba Dasuha dengan tawar tadi. Oleh karenanya Dasuha disebut Haha ni Uhum.

Setelah itu Siboro I pergi kedaerah Nainggolan. Didaerah itu ia bertemu dengan br.Nainggolan yang sedang berbadan 2, karena ia telah menjalin hubungan terlarang dengan ibotona marga Nainggolan. Oleh karena adat sangat melarang hal tersebut, maka ia hendak membunuh dirinya sendiri. Untungnya ia bertemu dengan Siboro I, dan kemudian Siboro I mempersuntingnya menjadi istri. Tetapi, sebelum ia anak itu lahir, siboro I telah melanjutkan perjalanan ke daerah Perdagangan.

Setelah anak yang dikandung oleh br.Nainggolan lahir, maka timbul permasalahan, marga apakah anak itu. Maka raja Nainggolan menanyakan hal itu kepadanya, tetapi br.Nainggolan tersebut tidak mengetahui marga apa sebenarnya suaminya. yang ia tahu bahwa suaminya adalah DATU PARULAS PARULTOP, DATANG SEPERTI ANGIN, PERGI PUN SEPERTI ANGIN.

Oleh karenanya, raja Nainggolan mengambil keputusan: Buti mai, ta bahen ma dakdanak on tu Lumban ni Raja an. yang artinya baiklah anak ini kita tempat kan di Lumban Raja
Akhirnya, LumbanRaja adalah marga anak tersebut.
next.....bersambung diwaktu yang akan datang, ditunggu komentarnya yaa...... mudah mudahan dapat membantu. Horas!!!!!

32 komentar:

  1. Trmksh utk pencerahan
    Salam kenal dan hormat,

    Akp andi yudha pranata siboro SH SIK
    POLICE ADVISOR UNITED NATIONS
    Kasatlantas Aceh Tengah

    BalasHapus
  2. Wah Bagus juga, Ditunggu penjabaran selanjutnya.
    krn da lma sy penasaran asal - usul Marga Siboro.

    BalasHapus
  3. Yohanes Markus Erikson Siboro

    BalasHapus
  4. berarti tetap saja anak itu marga Nainggolan, bukan marga Purba.

    BalasHapus
  5. Sattabi jumolo ma tu hita sude. Tu angka dogan tubu nami dison saluhutna, hurang tepat do dihilala hami cerita on. Ceritaon nga benar2 dang sesuai sian na tingkos na. Datu Parulas Parultop tubu jala magidang di samosir, jala memang keturunan Nainggolan do.molo tarunut boasa gabe adong hubungan tu marga siboro alana tingki namangaranto oppung on, pajumpang ma tu Ompung boru sagala janda ni marga siboro. Sian parjumpangan on ma gabe tubu ma anak ni oppung DPP. Dan digoari ma i Siboro DPP. Dang sude marga siboro. Jadi pinangido tu dongan tubu, lehon ma sejarah na tingkos tu angka pomparan ta, asa unang gabe salah sude annon tu joloan ni air. Jadi minta tolong ma, asa dihapus postingan on. Ndada holan hami marga Lumbanraja na gabe marhassit ni roha alani cerita muna on. Ale sude pinompar ni oppung DPP on. Adong 14 Pinompar ni Oppung on. Horas dihita saluhutna. Putra Lumbanraja, No. 15 Toga Sahata

    BalasHapus
    Balasan
    1. Horas pra
      Au lumbanraja toga sahata nomor 14
      Pas do nidok ni appra i
      Opungta daru parullas na mangalap op Boru Sagala Sian Dairi
      Tubu ma anakna namargoar siboro

      Hapus
    2. Justru komenmomdo dang pas.bila penting ro hamu tu liat sagala sianjur mula mula biar lebih jelas.

      Hapus
  6. Maaf anda menulis Raja Nainggolan....Siapa nama Raja Nainggolan itu..??? klw anda tdk tau nama raja itu berarti,postingan anda tdk benar.saya hormati versi anda apakah saya percaya....idon't think so....au pahoppu ni DPP Nainggolan Lumbanraja No 13.

    BalasHapus
  7. Berbagai versi tentunya dari sejarah ini,ada juga versi lain bahwa DPP menikah dengan boru nainggolan tetapi tidak disetujui namun sudah terlanjur berbadan dua, yang manakah versi ini yang benar sesungguhnya belum ada yang tau karena sampai saat ini belum ada hasil penelitian tentang hubungan ini secara ilmiah.cerita tentu pro kontra hal terpenting saat ini adalah menurut saya bahwa antara siboro dan lumbanraja adalah ada hubungan persaudaraan danbitu harus kita syukuri,terkait siapa paling tua,paling muda,serta kebsahan hubungan tentu menjadi tugas kita generasi sekarang mencari pembuktian dengan cara yang asik dan ilmiah tentunya.perbedaan versi tentu sangat dimungkinka mengingat keterbatadan komunikasi dan dokumentasi jaman dulu.anggap saja versi dari postingan dongan tubu niba di web on benar artinya secara DNA dan genetik tidak akan ketemu kesesuaian dengan lumbanraja karena tidak ada Persrtubuhan secara biologis mengingat sudah berbdan dua sebelumnya, selanjutnya anggap saja versi dongan tubu niba Adi laxy benar maka akan dapat dicari pembenaran secara ilmiah hubungan antara lumbanraja dengan siboro yang di sagala.hal ini mirip dengan yg dilakukan kaum jahudi untuk mencari suku mereka yang hilang dimana dilakukan operasi dengan sandi moses dan membebaskan bani israel jahudi dari ethiopia itu sebabnya ada jahudi yang kulit hitam.perrtanyaannya adalah apakah itu sangat penting saat ini?kitalah yang menjawab seiring perkembangan jaman dan teknologi bisa aja nantinya hal itu akan dimungkinkan.horas ma dihita saluhutna akka dongan tubukku siboro dan lumbanraja Tuhan memberkati

    BalasHapus
  8. Apa kah ada hubungan marga simbolon dengan siboro?

    BalasHapus
  9. Apa kah ada hubungan marga simbolon dengan siboro?

    BalasHapus
  10. Kebenaran sejarah kisah pejalanan para ompu kita dahulu ada plus minusnya. Tapi bagi kita saat ini mengetahui sejarah ompu mayoritas adalah diriwayatkan oleh ompu atau orang tua kita. Hanya itu data primer yang kita yakini. Meyakini ini kadang kita tau dari apa yg diceritakan ayah atau nenek kita kadang sama juga yg di ceritakan/ diriwayatka dongan tubu yg lain ( yg jaraknya sudah jauh) parompuon kita. Seandainya kita tidak diriwayatkan ompu kita/ ayah kita perjalan / penyebaran kita... Bagaimanalah kita membayangkannya soal ketidak tahuan marga kita. Saya hanya sumbang saran dalam perspektif berfikir kita.

    BalasHapus
  11. Ora jelas penjelasan mu broo, terlalu singkat dan tidak punya kekutan untuk dapat ditelusuri,

    BalasHapus
  12. Saya marga lumban raja toga sahata nomor 14, kalau saya baca postinganmy saudaraku sangat ngawur, sejarah membuktikan mulai dari raja lontung marga nainggolan adalah anak ke 4 dan datu parulas parultop adalah keturunan dari nainggolan dan lumban raja adalah keturunan dari toga sahata, bagaimana broher ngarang cerita lumban raja asal usul dari siboro!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dang jolma asli Batak hroa na mabbaen cerita on pra
      Olo do dalle leak naπŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†

      Hapus
  13. Dan bukti yang saya ketahui peninggalan (bukti ) marga siboro dari sejarah tersebut yaitu kampung (huta) siboro di harangaol ada. Saya pingin tahu kawan2 bukti2 yang lain memperkuat sejarah ini..ada yang bisa memberi petunjuk

    BalasHapus
  14. Satabi jo abg . Adong sukun sukun ku . Adong di tahe purba siboro .
    Alana adong jupangku . Di parjalangan on . Jala mangaku imana . Purba siboro .jadi nahusukun tu hamuna abgku . Purba memang masuk do i dohot marga siboro . Jala ise don na siakangan . Siboro apa manalu

    BalasHapus
  15. Alai manukkun majo au tulang,,,,Alana AU tinubuhon ni br Siboro do.ia dung borhat oppu i Sian Nainggolan di dok hamu tulang borhat tu perdagangan,perdagangan on na di dia do ?na adong do goar ni perdagangan selain na di jln Asahan???molo pe tung i nga adong Hian huroa goar ni Huta perdagangan di masa ni oppui?πŸ™πŸ™πŸ™πŸ™πŸ™πŸ™ Namanukkun Sian ias ni roha do AU akka tulang ku.

    BalasHapus
  16. AU setuju dohot tarombo na pinatutur ni Adi laci. AU lumbanraja no13

    BalasHapus
  17. Na solpoton do Haroa na mangarang cerita on.
    Nga omak na Boru nainggolan Ale ibaen Muse gelleng na Lumbanraja....
    Allang ni Hita ma attajau na mokkol i
    Bah maksud mu na Gabe Boru na nma buatonna??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boijadi songon Boru pareme tu pasaribu

      Hapus
  18. Horas ma di appara sidoli. Pas ma i, gabe haccit do roha di turi turi an i. Au pe lumbanraja no.15 sian oppunta Toga Sahata.

    BalasHapus
  19. Marga yang bisa menikah dengan marga siboro apa ya??

    BalasHapus
  20. Manukkun Majo au tu akka bapa,namboru,dll na LBH mengerti &mohon di jawab

    Songonon,marulaon ma marga Lumban Batu di Huta Nami kan,Inna " mangadati itom Ari Sabtu,ro ho da,patibu ma ro (maksudnya marhobas) on Dope huboto doba Nang,na adong Boru siboro dison Inna Jei ikkon ro do ho da"
    Sementara molo hubungan parpamilion Nami tu namarulaon i dang adg
    Jadi songon na bingung au
    Alana na hu boto holan LUMBAN RAJA do dongan padan ni SIBORO
    Pertanyaanku na adng hubungan ni Lumban Batu tu Siboro ??
    Mohon di jawab πŸ™πŸ™

    BalasHapus
    Balasan
    1. Purba termasuk Siboro marpadan do tu Lunmban Batu

      Hapus
    2. Lumbanbatu padan ni sude Purba, Lumban raja dongantubu ni Siboro

      Hapus
  21. Boa do hira" molo hu alap tubu ni br sigulang batu
    Boi do kn 🀭

    BalasHapus